MELEPAS TAHUN 2016 MENYAMBUT TAHUN 2017

 

 

Posted in Corporate News on Jan 04, 2017

Insan TPK KOJA tercinta,

Memasuki bulan terakhir sebelum pergantian tahun ke 2017 dalam kesempatan ini, saya mengajak semua Insan TPK KOJA untuk memaknainya sebagai momentum untuk melakukan refleksi, instrospeksi dan mematangkan komitmen untuk menjadi lebih baik di usia yang bertambah. Dalam konteks introspeksi, tentu yang paling mendasar adalah kembali bertanya: siapa kita? Untuk apa kita ada dan apa yang telah kita perbuat? Tentunya, sebagai Insan TPK KOJA, kita paham bahwa TPK KOJA merupakan anak perusahaan dari IPC & HPI, dalam hal ini, kita perlu menanyakan kepada diri kira sudah sampai mana kita menjalankan peran tersebut, untuk selanjutnya melangkah ke depan untuk melanjutkan gerak langkah TPK KOJA untuk memenuhi tugas dan fungsi yang dimandatkan dan menuju visi yang dicita-citakan.

Kinerja TPK KOJA sampai dengan akhir bulan Desember 2016 menunjukkan tidak tercapainya target yang diharapkan yaitu dari Target tahun 2016 940.000 TEUs, hanya tercapai 826.000 TEUs, Semoga target tahun 2017 yaitu 734.000 TEUs dapat tercapai. Untuk itu, saya mewakili manajemen, mengucapkan terimakasih kepada semua Insan TPK KOJA atas kerja keras yang baik dalam tahun 2016. Selanjutnya, tantangan untuk meningkatkan pengembangan usaha perlu diintensifkan guna peningkatan trafik kapal dan barang yang ditangani oleh unit-unit usaha di bawah manajemen TPK KOJA. Trafik kapal dan barang tentunya merupakan fungsi dari kegiatan dan pertumbuhan ekonomi, dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar          5% per tahun merupakan referensi untuk pertumbuhan trafik yang perlu dipastikan kedepan.

Dalam kilas balik tahun 2016, TPK KOJA telah mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka redefinisi posisi TPK KOJA dan reorientasi arah       TPK KOJA, termasuk penajaman visi, misi TPK KOJA, penentuan arah kebijakan manajemen hingga penyusunan corporate roadmap menuju          cita-cita TPK KOJA sebagai pengelola pelabuhan kelas dunia. Tiga bidang yang menjadi focus TPK KOJA adalah persiapan fondasi governance, revenue enhancement dan cost effectiveness. 

Manajemen juga menyampaikan apresiasi atas prestasi-prestasi TPK KOJA dengan berbagai penghargaan di tahun 2016, diantaranya BUMN Branding and Marketing Award 2016 dan Penilaian Self Assesment GCG yang tertinggi di Anak Perusahaan IPC dan juga Manajemen memberikan Supplier Award kepada Supplier terbaik yang telah berkontribusi di TPK KOJA di tahun 2016.

Diharapkan hal-hal positif termasuk prestasi dan milestones yang telah dicapai tersebut dapat mengobarkan semangat bagi seluruh Insan                 TPK KOJA. Inovasi perlu dibarengi dengan akal sehat (common sense) sehingga action kita tetap terukur dan dengan orientasi yang tepat menuju versi diri kita dan perusahaan yang baru dan lebih baik.

Sementara itu, di semua lini diharapkan dapat membangun kepemimpinan yang kuat dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan memberikan contoh sebagai role model yang baik untuk memaksimalkan nilai tambah pada peran dan fungsi kita, membuat kehadiran kita berarti dan berimpak, menjaga integritas dan menjawab setiap tantangan untuk menjadi bright and respectable people, dalam rangka membangun reputable company.

Insan TPK KOJA yang saya banggakan,

Menuju tahun 2017, TPK KOJA perlu secara komprehensif meneruskan transformasi dalam rangka mewujudkan kinerja unggul berkesinambungan dengan menjalankan corporate roadmap yang berfokus untuk memperkuat dan mengembangkan bisnis dan actions di atas fondasi yang telah dibangun pada tahun 2016. Perbaikan dan peningkatan dalam aspek operasional dan pelayanan, termasuk pengadaan, modernisasi alat, dan program pemasaran; akan menjadi benang merah perusahaan di tahun 2017. 

Dalam rangka membangun TPK KOJA yang bereputasi baik, pembenahan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance atau GCG) perlu dilaksanakan secara sistematis, terstruktur dan secara bertahap, yang direfleksikan dalam skor pelaksanaan GCG yang semakin meningkat. Pengendalian internal digalakkan melalui active audit dengan risk-based audit yang meliputi probity audit, compliance audit dan performance audit.

Platform baru di bidang komersial, dimana fokus pada revenue enhancement dilakukan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pengembangan usaha termasuk mekanisme insentif dan disinsentif, dengan pendekatan geometris maupun optimalisasi aset, didukung dengan rekonfigurasi bisnis inti dan bisnis pendukung. Platform baru di bidang operasional untuk mencapai keunggulan operasional guna menghadirkan pelayanan yang distandarisasi sambil merintis terminal dan pelabuhan yang smart dan green dengan perbaikan terus-menerus yang mencakup pelayanan tepat waktu dengan prinsip-prinsip keamanan dan keselamatan.

Platform baru di bidang keuangan mencakup financial management dashboard untuk realtime financial report yang mencakup budget control, bottom line (profit), cost to income ratio (BOPO), cash management system untuk penerapan prinsip transparansi dalam pelaporan keuangan, serta re-engineering billing.

Platform baru di bidang SDM/Human Capital mencakup pengaturan rekrutmen; remunerasi; placement; talent development;dan demosi, pemberhentian dan pensiun, e-Office, BSC, KPI Individual yang terus menerus dilakukan perbaikan guna menciptakan Insan TPK KOJA yang handal dan bertanggung-jawab di setiap kegiatan.

Dalam mencapai target-target perusahaan yang ditetapkan dengan paradigma dan platform baru tersebut pun, sangat penting bagi TPK KOJA untuk membangun dan mengembangkan kebiasaan dan budaya kolaboratif dalam teamwork antar unit-unit dan fungsi-fungsi terkait sekaligus menghilangkan silo/sekat-sekat antar unit dan fungsi untuk harmonisasi dan alignment dalam arti luas.

Insan TPK KOJA yang berbahagia,

Mewakili Manajemen TPK KOJA, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2017. Semoga kita semua dapat melabuhkan tahun 2016 dengan baik untuk selanjutnya, memperkuat keunggulan-keunggulan, mengatasi kelemahan-kelemahan memanfaatkan peluang-peluang, dan menaklukkan tantangan-tantangan, dalam melayari tahun 2017 dengan semangat yang baru.

Saya yakin kita bisa.

Salam,

Ade Hartono

 

Disarikan dari Sambutan Direktur Utama IPC