TAHUN 2016 TPK KOJA FOKUS MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DAN BERUPAYA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN

 

 

Posted in Corporate News on Mar 01, 2016

Pada tahun 2015 pencapaian Throughput TPK Koja sebesar           975.438 TEUs dari 930.068 TEUs yang telah ditetapkan oleh                Pemilik, yaitu PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan PT Hutchison Port Indonesia yang membentuk Perusahaan Kerjasama Operasi (KSO) TPK Koja sejak tanggal 26 Februari 1998.

TPK Koja saat ini memiliki aset-aset sebagai berikut :

Panjang Dermaga 650 meter  Kedalaman Kolam -14 meter
Lebar Dermaga 40 meter Luas CY 25,72 ha
Quay Container Crane 7 unit  RTG   25 unit
Head Truck 48 unit  Chassis 60 unit
Reach Stacker  3 unit Fire Fighting Car 1 unit

 

Pencapaian Throughput Terminal Petikemas Koja (TPK Koja) dalam      waktu 4 (empat) tahun terakhir adalah :

Tahun 2012 : 820.730 TEUs       Kunjungan Kapal : 421 kapal

Tahun 2013 : 851.885 TEUs       Kunjungan Kapal : 452 kapal

Tahun 2014 : 872.508 TEUs       Kunjungan Kapal : 501 kapal

Tahun 2015 : 975.438 TEUs       Kunjungan Kapal : 702 kapal

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari Pemilik yaitu PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Hutchison Port Indonesia dan tak kalah pentingnya adalah Pelanggan TPK Koja serta seluruh Karyawan TPK Koja yang telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan 1 Juta TEUs.

Guna memberikan pelayanan terbaik kepada Pengguna Jasa di       TPK Koja yang akan dan terus melakukan berbenah diri untuk dapat memenuhi harapan dan keinginan pelanggan di TPK Koja, untuk itu telah dilaksanakan adalah dengan adanya perubahan Struktur Organisasi Manajemen yang lebih lengkap, yaitu Manajemen 6 orang dan Manager 18 orang, dengan perubahan tersebut agar perusahaan lebih fokus terhadap permasalahan dan hambatan yang terjadi, sehingga dapat segera diselesaikan.

Untuk kegiatan-kegaiatan lain yang ada di TPK Koja adalah Pemeriksaan Karantina yang telah dilaksanakan mulai Maret 2015, Penggunaan E-Seal bagi semua kontainer dengan status PLP (Pindah Lokasi Penumpukan) mulai Februari 2016, Join In-Gate dengan           PT. JICT bulan Maret 2016, Penggunaan E-Office untuk efisiensi dokumen internal serta Website TPK Koja yang dapat diakses setiap saat oleh Pengguna Jasa.

Kami sangat menyadari ditengah persaingan kami harus bisa melakukan terobosan yang inovatif guna terciptanya pelayanan di lingkungan terminal dan kami akan terus melakukan perbaikan diberbagai tempat yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa seperti :

Sistem Informasi berbasis Teknologi Dokumen Elektronik, antara lain Auto Gate System yang sudah dilaksanakan pada tahun 2014 dan EDC pembayaran tidak lagi bersifat tunai di TPK Koja, penyempurnaan Website tpkkoja.co.id dan perbaikan seluruh alat kerja di lapangan baik RTG dan QCC, semua ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan mempertahankan pelanggan TPK Koja.

Sebagai Tanggung Jawab Sosial Perusahan (CSR) terhadap lingkungan TPK Koja secara rutin berperan aktif dalam rangka peningkatan lingkungan di sekitar Perusahaan, diantaranya Khitanan Massal,       Donor Darah, Pemberian Bantuan Biaya Sekolah untuk siswa SMP dan SMA Swasta, Pemberian Nutrisi bagi Penderita TBC, Pemberian Nutrisi bagi Balita, Pengelolaan Bank Sampah dan Mudik Bareng Lebaran.

Demikian perayaan Ulangtahun TPK Koja yang ke-18, mudah-mudahan kami bisa terus meningkatkan mutu pelayanan kepada para Pengguna Jasa di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok ini.