Tingkatkan Kompetensi Karyawan, TPK KOJA Gelar Pelatihan Public Speaking

 

 

Posted in Corporate News on Oct 17, 2017

Tingkatkan Kompetensi Karyawan, TPK KOJA Gelar Pelatihan Public Speaking

Terminal Petikemas KOJA (TPK KOJA) menggelar pelatihan public speaking untuk meningkatkan kompetensi para karyawan sebagai upaya memberikan layanan prima kepada para pelanggan. Pelatihan itu diadakan pada Kamis (5/10) di Ruang Rapat Anjungan Lt. 5 TPK KOJA.

Nuryono Arief, Corporate Secretary TPK KOJA, mengatakan kegiatan pelatihan public speaking ini mendapat respons positif dari karyawan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya karyawan yang mendaftarkan diri. Bahkan, pihaknya harus membatasi jumlah peserta mengingat kapasitas tempat yang terbatas. “Dalam satu hari sudah 30 orang yang mendaftar. Tapi kita harus membatasi karena melihat kapasitas tempat. Jika lebih, maka kita akan jadwalkan sesi berikutnya,” katanya.

Pelatihan public speaking kali ini diikuti oleh perwakilan dari tiap-tiap divisi yang ada di TPK KOJA, khususnya mereka yang bersentuhan langsung dengan pelanggan, seperti marketing, pengembangan bisnis dan SMO. Diharapkan, setelah mendapatkan pelatihan public speaking ini, mereka bisa mereview kekurangan dan kelebihan mereka selama ini kemudian mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima. “Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan mereka bisa mereview apakah ada pekerjaan yang perlu ditambah atau perlukah pekerjaan spesial untuk customer service supaya sentuhan ke customer lebih maksimal,” paparnya.

Menurut Arief, pelatihan public speaking sangat penting. Tidak hanya di dunia kerja saja, tapi juga dalam aktifitas sehari-hari. Oleh karenya, pelatihan public speaking ini masuk dalam rencana kerja corporate secretary sebagai upaya menambah wawasan karyawan, tidak hanya dari sisi business process saja, tapi juga secara keseluruhan. “Saya yakin suatu saat nanti mereka akan berbicara di depan keluarga, di depan warga perumahan, dan dengan pelatihan public speaking ini akan melatih mereka berbicara lebih baik lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arief berharap dengan pelatihan public speaking ini mereka akan lebih menghargai perusahaan, lebih memahami business process dan yang terpenting adalah meningkatnya kepedulian mereka terhadap pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan memberikan penilaian positif kepada perusahaan. “Dengan kepedulian yang tampak dari cara mereka berucap dan bertingkah laku akan menjadi penilaian dari para pelanggan. Inilah yang nantinya akan membedakan antara TPK KOJA dengan terminal-terminal lain.

Saat ditanya tentang performance TPK KOJA saat ini, Arief menjelaskan per Agustus sampai September 2017 telah mencapai lebih dari 654.000 TEUs dan diperkirakan terus meningkat hingga target yang ditetapkan oleh pemilik akan terlampaui. Bahkan performance pada akhir November nanti diperkirakan melampaui 1 juta TEUs. Dengan demikian, kerja keras karyawan TPK KOJA selama ini akan membuahkan hasil. “Angka 1 juta TEUs yang menjadi cita-cita karyawan TPK KOJA akan terlampaui, diperkirakan akhir November,” ungkapnya. (*)