TPK KOJA APRESIASI CUSTOMER DENGAN KEGIATAN FUN BOWLING GAMES

 

 

Posted in Corporate News on Dec 19, 2017

Terminal Petikemas Koja (TPK Koja) mengapresiasi para pelanggan (Customer) dengan mengadakan kegiatan TPK Koja & Friends Fun Bowling Games di Mall Artha Gading Bowling Center, Jumat (15/12). Acara rutin yang telah diselenggarakan empat tahun terakhir ini bertujuan untuk mempererat jaringan (network) TPK Koja dan para Customer, membangun silaturahmi serta sebagai ajang apresiasi yang dikemas dalam bentuk permainan olahraga boling yang menyenangkan.

 

Ade Hartono, General Manager (GM) TPK Koja, menjelaskan kegiatan tersebut mengkombinasikan unsur olahraga, silaturahmi dan permainan yang menyenangkan. “Kami ingin membangun silaturahmi dengan Customer TPK Koja yang selama ini sudah sangat loyal. Karena itu, kami ingin menganggap mereka sebagai sahabat, bukan hanya Customer,” paparnya.

 

Selain membangun silaturahmi, lanjut dia, TPK Koja juga ingin memberikan apresiasi. “Bentuk apresiasinya, kita silaturahmi, senang-senang, kita ketawa-ketawa. Tidak bermain boling secara serius mengejar skor,” tuturnya.

 

Kegiatan tersebut, Ade menambahkan, diisi juga dengan kuis berhadiah menarik. “Kami memastikan semua peserta bowling mendapatkan hadiah. Jadi sejak awal TPK Koja sudah menjamin siapa pun yang datang akan diberikan apresiasi yang sederhana, kecil dalam bentuk hadiah,” ucapnya.

 

Sebetulnya, menurut dia, kegiatan itu menjadi cara untuk membangun silaturahmi, menjalin ikatan, sekaligus memberikan apresiasi. “Memang apresiasi ini kalau dinilai harganya tidak besar. Tapi ini adalah bentuk perhatian, kepedulian kami kepada Customer TPK Koja yang selama ini sudah loyal dan menjadi bagian dari pertumbuhan TPK Koja,” jelasnya.

 

Di balik itu semua, Ade menerangkan, TPK Koja ingin membangun customer intimasi. Selain ikatan yang kuat, TPK Koja juga ingin membangun komunikasi dengan Shipping Lines yang menjadi pelanggan TPK Koja. “Kami harus membangun silaturahmi secara bersahabat dengan cara yang sangat cair. Ya kita berharap ini bisa secara perlahan membangun loyalitas mereka ke TPK Koja ke depan,” paparnya.

 

Terkait dengan apresiasi terhadap Customer, dia menilai, peran kontribusi pelanggan sangat berharga bagi pertumbuhan TPK Koja di 2017. TPK Koja mencatatkan throughput (arus peti kemas baik dari pelayaran internasional maupun domestik) hingga minggu pertama Desember 2017 melebihi 1 juta TEUs. Pencapaian ini melampaui raihan perusahaan dalam 20 tahun sejak pertama kali berdiri.

 

“Customer menjadi salah satu bagian penting bagi TPK Koja sehingga mampu mencapai throughput melebihi 1 juta TEUs. Itu sebuah prestasi yang tidak akan tercapai tanpa kepercayaan dari mereka. Karena itu, kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi,” ujarnya.

 

Dia berharap jalinan ikatan antara TPK Koja dan para customer yang telah terbina dapat ditingkatkan ke depan. “TPK Koja ke depan akan melakukan upaya-upaya untuk mempertahankan existing costumer. Itu pasti. Selanjutnya, karena kami masih memiliki space window yang available, kami berharap akan mencoba meng-grab costumer baru,” ucapnya.

 

Totok Purwanto, Marketing Manager TPK Koja menambahkan, pihaknya mengundang seluruh customer perusahaan dalam kegiatan fun bowling games tersebut. “Kami mengundang 22 shipping lines dan jumlah peserta yang datang sekitar 100 orang,” paparnya.

 

Menurut dia, 22 shipping lines baik pelayaran internasional maupun pelayaran domestik itu senantiasa berinteraksi dengan TPK Koja. Namun, interaksi itu tidak pernah dilakukan dengan permainan yang menyenangkan. “Karena itu, fun bowling games ini dikemas secara berbeda, dengan mengedepankan interaksi secara fun. Bertemu tanpa harus membicarakan hal-hal yang serius,” ucap Totok yang juga menjadi ketua panitia kegiatan TPK Koja & Friends Fun Bowling Games.

 

Dengan cara itu, lanjut dia, TPK Koja ingin lebih mencairkan interaksi sehingga terjalin keakraban dengan customer. Dia menyadari TPK Koja tumbuh bersama dengan perusahaan pelayaran. “Bisa dibilang mulai dari awal, baik yang berkarir di perusahaan pelayaran maupun yang berkarier di terminal petikemas ini memulai bersama-sama. Jadi selama 20 tahun tumbuh bersama lebih ke arah seperti teman,” paparnya.(*)