TPK KOJA LUNCURKAN APLIKASI KIOS-K

 

 

Posted in Corporate News on Feb 27, 2017

Dalam rangka meningkatkan mutu kualitas pelayanan, pengurusan dan percepatan dokumen (impor, ekspor dan lainnya) juga mengurangi kontak person dari pengguna jasa dengan petugas di bagian pelayanan, Senin 27 Februari 2017 lalu Terminal Petikemas Koja (TPK KOJA) resmi meluncurkan Aplikasi KIOS-K bagi Pengguna Jasa untuk mengurus dokumen. Saat ini baru dapat digunakan untuk pengurusan/pembayaran dokumen untuk Impor (IMST F - Import Standar Full).

Adapun alur transaksi Billing melalui KIOS-K sebagai berikut :

1. DOKUMEN (Pengguna Jasa membawa kelengkapan dokumen)

2. KE KIOS-K (Pengguna Jasa melakukan transaksi billing secara mandiri di KIOS-K yang tersedia

3. PROFORMA (Pengguna Jasa mengambil slip Proforma dari KIOS-K)

4. BAYAR (Pengguna Jasa melakukan pembayaran via EDC/Mini ATM)

5. INVOICE (Pengguna Jasa melakukan print invoice secara mandiri dari Desktop yang telah disediakan dengan memasukan/tap nomor Proforma ke mesin scan QR Code

6. E-TICKET (Pengguna Jasa menukarkan dokumen dengan E-Ticket)

KIOS-K nantinya dapat melayani pengurusan/pembayaran dokumen untuk Export Standard Full, Pindah Lapangan, Penumpukan-Single Billing OBX, Perpanjangan SP2 Full, Perpanjangan OB Full, Single Billing OBX dan Extend Closing Full.

Contoh langkah-langkah Pengguna Jasa dalam mengisi kelengkapan data di KIOS-K untuk Import Standar Full (IMST F) :

1. Masukkan No. SPPB (6 digit)

2. Masukkan No. DO/No. BL dengan menekan tombol refresh

3. Masukkan tanggal batas pembayaran/paid thru

4. Masukkan tanggal jatuh tempo DO/DO Expired

5. Pilih Kontainer yang akan diproses

6. Preview hasil transaksi

7. Print Proforma

Dengan adanya Aplikasi KIOS-K ini, dimana waktu menjadi semakin berharga, teknologi semakin cepat berkembang, pelayanan kepada Pengguna Jasa menjadi hal yang terpenting bagi TPK KOJA sebagai Perusahan Jasa Bongkar Muat Petikemas, dimana kepuasan pelanggan akan terus selalu ditingkatkan dan menjadi prioritas utama.